Sabtu, 05 April 2014

Arsitektur Web dan Aplikasi Utama



Assalamu’alaikum..

Halloo..
Sobat Blogger semua,kita berjumpa lagi deh hehe....
Pada postingan blog kali ini saya akan membahas tugas kuliah saya...
Tugas kali ini adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya, yah tentang WEB SCIENCE.
Dan pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang apa itu Arsitektur Web dan Aplikasi Utamanya. 

Langsung saja, saya perkenalkan para anggota kelompok yang diantaranya :

  1. Belacio Maekaratri Syam
  2. Dheyan Yusuf
  3. Muchammad Afrizi
  4. Ryan Novari D.A

            Sesuai janji saya, bahwa setelah sebelumnya saya mem-posting Web Science dan Sejarah Web,  nah kali ini saya ingin melanjutkan nih tentang Arsitektur Web dan Applikasi Utama-nya. Artikel tentang Arsitektur Web dan Applikasi Utama-nya ini memang ada kaitannya dengan Artikel yang sebelumnya.. Oke deh langsung saja yah saya jelaskan apa sihArsitektur Web dan Applikasi Utama-nya itu ?

            Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.

            Sejak web perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain, Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan arsitektur fisik dan disiplin desain lainnya. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0. Kedua ide menekankan aspek struktur informasi. Strukturalisme adalah sebuah pendekatan untuk pengetahuan yang telah dipengaruhi sejumlah disiplin akademis termasuk estetika, teori kritis dan postmodernisme. Web 2.0, karena melibatkan user-generated content, mengarahkan perhatian arsitek website untuk aspek-aspek struktur informasi.

Untuk Gambarnya Bisa kalian lihat dibawah ini :

 






Website arsitektur” memiliki potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual mengatur konten website.”.

            Ada tiga standar utama untuk penerapan web services. Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI. Berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai standar tersebut.

         SOAP (Simple Object Access Protocol)

  suatu bahasa versi bebas dari protokol RPC (Remote Procedure Caoll) yang berguna untuk proses transaksi melalui HTTP standar.

         WSDL (Web Services Description Language)
  bahasa yang memungkinkan berbagai dokumen yang dibuat dalam aplikasi yang berbeda dapat berkomunikasi.

         UDDI (Universal Description Discovery and Integration)

  semacam direktori global untuk mengelola web services.

Beberapa aplikasi utamanya :

1.     HTTP, HTML, Web Server,  dan Internet

a.         HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

  sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

b.         HTML (Hyper Text Markup Language)

  bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web Browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.

c.         Web browser

  sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
 
d.         Internet

  sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain.

e.            Web Browser
Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer.

f.             Transaction Processing System (TPS)

Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komputer secara manual.
Transaction Processing System merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Karena manajer melihat data-data yang dihasilkan oleh TPS untuk memperbaharui informasi setiap menit mengenai apa yang terjadi di perusahaan mereka. Dimana hal ini sangat penting bagi operasi bisnis dari hari ke hari agar sistem-sistem ini dapat berfungsi dengan lancar dan tanpa interupsi sama sekali.

          2.     Wikis, Blogs, Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content

 a.        Wiki
  kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward Cunningham.
 b.         Blog
  singkatan dari Web Log, Blog itu sendiri adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan harian online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Jenis Blog / penyedia Blog local maupun internasional.
c.             Folksonomies
suatu sistem pengklasifikasian yang diturunkan dari praktik dan metode pembuatan dan pengelolaan tag-tag secara kolaboratif, untuk menganotasi dan mengkategorisasi konten, praktik ini juga dikenal sebagai penge-tag-an kolaboratif, klasifikasi sosial, pengindeksan sosial, dan pengetagan sosial.
d.            Social Network
sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu.



e.            Usergenerated Content
konten yang dihasilkan dari user atau penggunanya sendiri. Pemilik situs hanya membuat perbaikan atau perubahan yang dianggap perlu saja. Sementara update informasi dan segala interaksi di dalam situs tersebut justru berasal dari partisipasi aktif para penggunanya.

Blogger.com, wordpress.com, Typepad.com, livejournal.com, blogdrive.com, blogsome.com, edublogs.org, diaryland.com, xanga.com    
                           
3.     Semantic Web Summary

            Pengertian Semantic Web (Web Semantik) atau Definisi Semantic Web adalah pengembangan dari World Wide  Web di mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic Web berasal dari World Wide  Web Konsorsium dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan. Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.

            Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

         XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C (World Wide Web Consortium)  untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.

         RDF (Resource Description Framework) adalah standar W3C  untuk mendeskripsikan Web resources, seperti title, author, modification date, content, dan copyright information dari Web page.
 
         OWL (Web Ontology Language) adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia. OWL merupakan rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) dalam penulisan ontology untuk web untuk web semantic. OWL dituliskan dalam syntax XML (eXtended Markup Language). Selain XML dalam OWL digunakan juga bahasa XMLS (XML Schema), RDF (Resource Description Framework) dan RDFS (RDF Schema) dan OWL itu sendiri.
 
         Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi. Secara teknis, hal-hal tersebut adalah bagian dari penandaan semantik yang hanya menggunakan standar "Plain Old Semantic (X)HTML" (yaitu "POSH") saja dengan nilai "rel" dan satu set penamaan-kelas yang umum. Mereka digunakan dengan terbuka dan tersedia, bebas bagi siapa saja.
 
         Microdata adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web. Microdata membantu teknologi seperti mesin pencari dan web crawler lebih memahami informasi apa yang terkandung dalam halaman web, menyediakan hasil pencarian yang lebih baik. Microdata adalah upaya untuk menyediakan cara sederhana annotating elemen HTML dengan tag dapat dibaca oleh mesin daripada pendekatan serupa menggunakan RDFa dan Microformats.
 
                        Web Semantik merujuk kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web Semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database.

4.      Web Security

            Suatu tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tsb.

            Mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website, princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.




CONFIDENTIALITY

            Confidentiality memiliki makna bahwa data-data ataupun informasi-informasi yang berada di dalam sebuah website hanya dapat di baca atau di akses oleh orang-orang yang memang memiliki kewenangan untuk mengaksesnya. Dalam era konsep Web 2.0 yang sedang berkembang beberapa tahun belakangan ini, sangat memungkinkan sebuah website untuk dapat memiliki lebih dari satu administrator. Contohnya adalah WordPress engine.

INTEGRITY

            Integrity memiliki pengertian data-data yang berada didalam server atau website hanya dapat diubah ataupun di delete oleh orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal itu. Sebagai contoh proses transfer dari server ke client atau sebaliknya (dapat berupa upload maupun download), ternyata mengubah file yang sedang di transfer tersebut, hal ini mengindikasikan bahwa sebuah aplikasi website yang sedang digunakan tidak aman (insecure). Sama halnya jika ada serangan sebuah virus yang dapat mengubah sebuah file, entah itu mengubah nama ataupun isinya.

AVAILABILITY

            Jika confidentiality bermakna hanya user yang memiliki kewenangan yang dapat melihat data tertentu yang tersimpan didalam sebuah server atau website, availability memiliki makna bahwa website harus dapat diakses jika user ingin meggunakannya. Memang terkesan membingungkan dan tidak berbeda dengan prinsip pertama, namun kedua prinsip ini sangat jauh berbeda dikarenakan dilihat dari dua sudut pandang yang memang berbeda.

            Availability hanya menekankan kepada dapat diaksesnya sebuah website. Mengenai siapa yang dapat mengaksesnya itu telah dicover oleh prinsip confidentiality.

            Jika sebuah website dapat diakses tanpa adanya error, itu berarti website tersebut telah memenuhi prinsip availability ini. Hal ini memiliki makna bahwa sebuah website haruslah dapat diakses apabila memang dibutuhkan, dengan kata lain versi yang lebih mudahnya adalah, website harus available 24 jam 7 minggu (24/7)

            nah.. Gimana nih sobat blogger semua, udah pada ngerti dong sekarang Arsitektur Web dan Applikasi Utama-nya apa ? dari pembahasan pertama tentang SejarahWeb Dan Web Science sudah, dan Arsitektur Web sudah.. saatnya saya mengakhiri artikel ini yah.. semoga Ke-dua artikel ini bermanfaat. Apabila ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan.. Terimakasih semuanya..
Wassalamu’alaikum..


Daftar Pustaka


Referensi:
http://belajarintoday.blogspot.com/2013/03/arsitektur-web-dan-applikasinya.html

http://bintang-free.blogspot.com/2013/03/arsitektur-web.html

http://blog.politekniktelkom.ac.id/30111490/2012/07/11/apa-yang-dimaksud-html/

http://blog.politekniktelkom.ac.id/30111490/2012/07/11/apa-yang-dimaksud-html/

http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Tanya_jawab_(Umum)

http://www.suriansyah.com/2012/11/apa-yang-dimaksud-dengan-blog.html

http://id.wikipedia.org/wiki/XML/

http://wahyudisetiawan.wordpress.com/2009/12/13/rdf-pengenalan/

http://yuhana.wordpress.com/2008/05/29/sekilas-tentang-web-ontology-language-owl/

http://microformats.org/wiki/introduction-id

http://trisna-nugroho.blogspot.com#ixzz2OkuhV048

http://marcellakezia.blogspot.com/2012/06/web-security.html

http://changeofchange.blogspot.com/2013/03/arsitektur-web-dan-aplikasi-utamanya.html


Read more: http://changeofchange.blogspot.com/2013/03/arsitektur-web-dan-aplikasi-utamanya.html#ixzz2wQgNErAs



rahma099c.blogspot.com


Rabu, 08 Januari 2014

Tugas Akhir Bahasa Indonesia



Mendongkrak Indeks Persepsi Korupsi





Ket: Makalah diajukan untuk melengkapi Tugas Akhir Bahasa Indonesia



Nama        : Belacio Maekaratri Syam
NPM         : 51412407
Kelas        : 21A02



Universitas Gunadarma
Fakultas Teknologi Industri
Teknik Informatika
Jakarta
2014


KATA PENGANTAR


          Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya, sehingga saya berhasil menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya yang berjudul ”Mendongkrak Indeks Persepsi Korupsi".

          Makalah ini berisikan tentang informasi mengenai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak hanya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saja tetapi juga seharusnya ada institusi peradilan yang bebas dan mandiri. Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah salah satu syarat untuk melengkapi Tugas Akhir Bahasa Indonesia.

          Saya menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak.
         
          Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada orangtua, guru, dan teman-teman yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.







Depok, 08 Januari 2014



Belacio Maekaratri Syam





DAFTAR ISI

                                                                            

KATA PENGANTAR................................................................................................        2
DAFTAR ISI............................................................................................................         3
BAB I          PENDAHULUAN..............................................................................         4
A.      Latar Belakang Masalah
B.       Rumusan Masalah
C .      Tujuan Penulisan
BAB II        PEMBAHASAN................................................................................         5
BAB III      PENUTUP..........................................................................................         7
A.      Simpulan
B.       Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................         8







BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakangan Masalah

          Skor Indeks Persepsi Korupsi Indonesia dalam dua tahun terakhir (2012-2013) stagnan pada angka 32 dari skala 10 sampai 100. Artinya, perbaikan peringkat Indonesia dari urutan 118 ke 114 dari 176 negara yang disurvei bukan disebabkan membaiknya kinerja prestasi pencegahan dan pemberantasan korupsi. Itu lebih karena korupsi empat negara memburuk. Dengan skor Indeks Persepsi Korupsi (KPK) 32, hampir pasti target pemerintah meraih skor IPK 50 pada 2014 tak mungkin tercapai. Dalam dokumen Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (PPK), pemerintah sudah mengadopsi IPK sebagai tolak ukur pencapaian pencegahan dan pemberantasan korupsi.

B. Rumusan Masalah

        Berdasarkan pembahasan tentang topik "Korupsi", rumusan masalah yang dapat diajukan sebagai berikut;
1) Apakah dengan mengandalkan KPK, korupsi bisa teratasi begitu saja?
2) Bagaimana upaya mencegah dan memberantas korupsi?
3) Mengapa sulit untuk membangun institusi peradilan yang bebas dan mandiri?

C. Tujuan Penulisan

          Berkenaan dengan rumusan masalah di atas, tujuan penulisan tentang masalah "Korupsi" adalah;
1) Ingin masyarakat mengerti bahwa tidak bisa mengandalkan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi hanya kepada KPK.
2) Ingin mengetahui upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.
3) Ingin mengetahui sulitnya membangun institusi peradilan yang bebas dan mandiri.





BAB II
PEMBAHASAN


Pesan utama
        Pesan utama yang kita tangkap, pertama, kita tak bisa mengandalkan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi hanya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain karena besar dan kompleksnya problem korupsi, kewenangan, jumlah penyidik, dan anggaran KPK amat terbatas. Dalam dua tahun terakhir gegap gempita pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dimotori KPK tak mampu mendongkrak skor IPK.
          Kedua, pendekatan dan solusi yang dikembangkan simplistik dan partikularistik, padahal problem korupsi kompleks dan sistemik. Apa yang harus kita lakukan untuk mendongkrak skor IPK? Kecenderungan dan risiko koruptif bukan hanya problem perilaku individual, melainkan terkait dengan kerangka organisasi dan sistem. Kalau korupsi terjadi, dapat dipastikan ada problem dalam kualitas dan integritas personal, kerangka organisasi, dan sistem. Jadi, upaya mencegah dan memberantas korupsi harus menyangkut perbaikan kualitas personal, kerangka organisasi, dan sistem.
          Pertama, pada tingkat personal, upaya mentransformasikan manusia Indonesia menjadi lebih jujur, tidak serakah, lebih bertanggung jawab, berdisiplin tinggi, berempati tinggi pada peningkatan kesejahteraan bersama, dan patuh pada aturan sangat penting. Pelembagaan nilai itu melalui berbagai macam pendidikan dan pelatihan harus terus dikembangkan. Jangan menyerah dan berhenti berupaya menghasilkan manusia Indonesia yang jujur dan baik meskipun korupsi enemik dimana-mana.
          Kedua, memperbaiki kerangka organisasi, baik organisasi pemerintahan, partai politik, peradilan, organisasi kemasyarakatan, militer, maupun korporasi. Ada tiga isu penting terkait dengan memperbaiki kerangka organisasi: (1) memastikan mekanisme checks and balances bekerja dengan baik; (2) mekanisme sistem koreksi diri berfungsi baik; dan (3) baik dan ajeknya tata kelola internal organisasi. Kalau terjadi korupsi dalam satu organisasi, seperti di Kementerian Pertanian, SKK Migas, atau Kepolisian, dapat dipastikan ada yang tak beres dengan salah satu , dua, atau ketiganya.
          Ketiga, pada tingkat sistem kita harus memiliki lima pranata sosial antikorupsi yang ajek; pergantian pemerintahan secara tertib dan teratur, institusi peradilan yang bebas dan mandiri, partai politik oposisi yang kuat, institusi media yang bebas dan independen, serta gerakan sosial antikorupsi yang kuat.
          Tantangan terbesar kita justru disini: membangun institusi peradilan yang bebas dan mandiri. Kecuali KPK, kita belum punya institusi peradilan yang bebas dan mandiri. Para penegak hukum justru terlibat dalam perilaku koruptif. Sudah banyak jaksa, polisi, hakim, plus advokat yang tersangkut kasus korupsi. Alih-alih bebas dan mandiri, institusi peradilan terjebak dalam judicial corruption. Bagaimana bisa memberantas korupsi kalau aparat dan institusi penegak hukum justru terlibat korupsi.

Kapolri dan jaksa agung
          Menjadikan kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan dari pusat hingga daerah bebas dan mandiri merupakan agenda utama. Presiden hasil Pemilu 2014 harus memilih kapolri dan jaksa agung yang kepemimpinan, profesionalisme, dan komitmennya pada pemberantasan korupsi meyakinkan publik. Tak mungkin kita menggantungkan pencegahan dan pemberantasan korupsi hanya kepada KPK.
          Kita belum punya partai oposisi yang kuat. Kecenderungan perilaku partai di pusat maupun di daerah: membangun koalisi ketimbang oposisi. Penting menjadi bagian dari orbit kekuasaan untuk memperkuat akses dan penguasaan sumber daya. Partai oposisi yang kuat sangat penting memastikan terjadinya relasi kekuasaan yang lebih seimbang. Juga memastikan mekanisme checks and balances bekerja baik.
          Partai oposisi yang kuat akan mampu memproduksi kontra-argumen dan antitesis terhadap kebijakan dan tata kelola yang dikembangkan pemerintah yang berkuasa. Kontrol politik yang kuat dari partai oposisi akan mampu mengendalikan perilaku pemerintah yang berkuasa melaksanakan amanah dan pengelolaan sumber daya. Korupsi potensial bisa dikendalikan.
          Dikuasainya sejumlah media cetak, elektronik, dan virtual oleh pengusaha sekaligus penguasa partai tak perlu mencemaskan. Pertama, ada persaingan yang ketat di antara para baron media tersebut sehingga "fakta" atau informasi itu selalu ada subversinya. Kedua, masih ada media yang mengabdi dan mempromosikan kebenaran dan keadilan. Ketiga, masyarakat sudah pandai bukan hanya memilah dan memilih informasi, melainkan juga menafsir ulang, bahkan mereproduksi setiap informasi yang disajikan media.
          Kita belum punya gerakan sosial antikorupsi yang kuat. Dari segi nilai, masyarakat kita bukannya kreatif dan aktif memberikan sanksi sosial, melainkan justru proaktif memberikan kekebalan sosial kepada para koruptor. Itu sebabnya, fatwa tentang boikot terhadap mayat koruptor untuk tak dishalatkan, misalnya, tak mendapat sambutan positif masyarakat.





BAB III
PENUTUP


A. Kesimpulan

          Syukur kita sudah memiliki mekanisme pergantian pemerintahan secara tertib dan teratur. Yang masih perlu diperlukan: memperbaiki perekrutan politisi dan pemilihan pejabat publik/negara sehingga terpilih politisi dan pejabat unggul ulung berbiaya rendah. Praktik perekrutan yang dilakukan partai sekarang berbiaya tinggi, maka tekanan melakukan korupsi cenderung tinggi. Itulah yang memunculkan gejala korupsi politi.
          Terpilihnya Jokowi dan Ahok, Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI, yang fenomenal merupakan contoh baik pemilihan pejabat publik/negara. Perlu dan direplikasi.
          Kalau semua elemen bangsa serius dan terencana mentransformasikan bangsa ini jadi bangsa yang bebas dari korupsi, mencapai skor IPK 60 sampai 70 dalam satu-dua dekade nanti tidaklah mustahil. Menyamai Denmark, Selandia Baru, Finlandia, Swedia, Norwegia, dan Singapura sebagai negara terbersih dari korupsi adalah mungkin.

B. Saran-saran

        Kita sebagai penerus bangsa harus sudah belajar tentang kejujuran dan keadilan sejak dini untuk bisa mempimpin bangsa ini dengan baik dan bijak. Sikap koruptif memang harus dijauhkan karena sifatnya sangat merugikan masyarakat dan bangsa Indonesia sendiri. Adapun para penegak hukum atau siapapun yang melakukan tindak korupsi harus dijatuhkan hukuman yang setimpal tanpa pandang bulu. Hukum di Indonesia sendiri juga harus ditegakkan agar bangsa ini tidak menjadi bangsa yang melanggar peraturan hukumnya sendiri.









DAFTAR PUSTAKA


·        Koran Kompas, 03 Januari 2014
·        Google
























Lampiran:
- Naskah asli artikel

Selasa, 07 Januari 2014

Video Tutorial dan Manfaat Blog


Apa itu blog? mungkin inilah pertanyaan pertama yang akan muncul jika anda belum tahu atau belum mengenal blog.untuk mengenal lebih jauh tentang blog disini saya akan menampilkan video yang berisi tentang pengertian blog, jenis-jenis blog, manfaat blog, etika nge'blog dan tutorial posting diblog.video ini sebenarnya merupakan tugas kelompok mata pelajaran softskill pengenalan teknologi internet & new media adapun nama anggota kelompoknya yaitu:
1.BELACIO MAEKARATRI SYAM 
2.ILHAM PRASETYA
3.INGGRID ANGGITA
4.TIO DWI AKBAR

Rabu, 13 November 2013

Contoh New Media

CONTOH NEW MEDIA GOOGLE PLAY DAN 4SHARED



Tugas Kelompok Softskill : Belacio Maekaratri Syam
                                             Inggrid Anggita
                                             Ilham Prasetya
                                             Tio Dwi Akbar



Apa Itu 4shared?

4shared memungkinkan bagi para penggunanya untuk dapat mengunggah dan mengunduh berkas dalam jaringan menggunakan perambah web. Berkas yang telah diunggah akan disimpan dalam jaringan dan kemudian akan diberi alamat URL. Berkas yang telah disimpan memiliki masa kedaluarsa hingga 30 hari setelah pengunggahan atau pengunduhan terakhir, setelah itu berkas akan terhapus dengan sendirinya. Namun bagi pengguna premium, mereka tidak memiliki batasan waktu dalam penyimpanan berkas-berkas mereka.

Fitur 4Shared   
 
Pengguna bisa memberikan penilaian dengan memberikan ranah (rating) hingga 5 bintang, membagi tautan dan informasi pada berbagai jejaring sosial, memberikan testimoni dan komentar yang bisa diberikan pada suatu berkas.4shared memiliki sistem pencarian yang lengkap yang akan memungkinkan pemilihan format-format berkas atau ekstensi dari suatu berkas.

Kelebihan 4shared

       Support Bahasa Indonesia
       Bisa pilih akun free atau berbayar
       Disk Space 5Gb
       Unlimited bandwith
       Bisa multiple upload alias upload beberapa file bersamaan asalkan sekali upload max 100 MB
       Ada fasilitas search di halaman utama 4shared
       Tidak ada iklan atau ads

Kekurangan 4shared

       Kita tidak bisa meraup banyak dollar seperti ziddu disini karena tidak ada reward buat file kita yang di download orang lain.
       Jika kita menggunakan akun free, kita minimal harus login sebulan 1x. Apabila dalam sebulan kita tidak login, semua file dihapus dan akun harus di re-aktivasi.




Apa itu Google Play

Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV.Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas Google Play mulai dikenalkan pada bulan maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.

Fitur Google Play

Android Market dapat diakses dari perangkat Android versi 2.1 ke atas. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menginstal aplikasi dari Android Market.
1. Mencari aplikasi yang diinginkan dengan menggunakan search.
2. Bila kita mengklik sebuah aplikasi, akan muncul deskripsi tentang deskripsi tersebut, rating yang diberikan para penggunanya, dan review atau komentar dari para penggunanya.
3. Bila kita mengklik install, maka aplikasi akan segera diunduh dan proses unduhan akan berlangsung sebagai background process
4. Aplikasi yang telah diunduh dari Android Market akan tampil dalam menu downloads.
Format aplikasi yang digunakan oleh ponsel Android adalah Android Package Files (APK). Aplikasi yang diunduh dari Android Market tidak secara otomatis terinstal manakala telah selesai diunduh. Diperlukan layanan file manager untuk menginstal aplikasi-aplikasi tersebut.
Pada Android versi 2.1 kebawah, aplikasi akan terinstal di memori internal perangkat. Namun, pada Android versi 2.2, aplikasi dapat diinstal di memori eksternal, sehingga memori internal perangkat dapat lebih leluasa.

Kelebihan Google Play

       Google Play jauh lebih mudah untuk diakses. Kamu bahkan tidak memerlukan gadget dan bisa mengaksesnya lewat web browser. 
       Google Play mempunyai video trailer game. 

Kekurangan Google Play

       Google Play adalah store terburuk untuk kategorisasi. Mereka hanya membagi puluhan ribu game ke dalam 6 kategori saja.
       Untuk masalah update store, mereka harus mendownload keseluruhan gamenya untuk melakukan update.




Apa itu New Media?

Definisi New Media

            New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.

Manfaat New Media

• Bidang Pendidikan.
            Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.

• Bidang Pencarian Kerja
            Memudahkan seseorang untuk mengetahui lowongan pekerjaan disuatu tempat.

• Bidang Silaturahmi
            Dengan hadirnya facebook,twitter,yahoo,my space sangat membantu untuk berinteraksi    dengan seseorang.

• Bidang Jual Beli
            Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di inginkan  dapat mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan .

Komponen New Media

- Internet & Web
- Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs (Compact Discs)
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.

Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.

Fase Pengembangan Aplikasi New Media

  • ·      Fase requirement atau penelusuran kebutuhan, pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
  • ·       Fase analisa, pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses pengembangan,dsb. 
  • ·      Fase perancangan, pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
  • ·     Fase pengembangan , tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita akan menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan. 
  • ·        Fase installasi, setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.  



Tahap Pengembangan Aplikasi New Media

1. Konsepsi : Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan dibuat secara umum.
2. Analisa : Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
3. Simulasi : Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi : 
·       Alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi. 
·       Keluaran yang diharapkan dari setiap proses. 
·       Error-error yang mungkin terjadi. 
·       Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif. 
4. Algoritma : Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat menerangkan proses- proses secara programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan
5. Konstruksi : Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan pada level pemrograman. Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.
6. Evaluasi : Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang telah dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari tahu di bagian mana kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali.


Minggu, 16 Desember 2012

Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi di Dalam Kehidupan Sosial

     Manusia adalah makhluk sosial. Makhluk hidup yang saling membutuhkan satu sama lain untuk kelangsungan hidupnya. Tidak terlepas dari itu, manusia juga sangat penting dalam menjalin hubungan komunikasi. Lagi pula, teknologi komunikasi saat ini memang sudah di acungi jempol karena bisa membius masyarakat untuk ikut serta dalam era globalisasi seperti ini. Banyak manfaat yang didapat dari teknologi komunikasi di kehidupan sosial misalnya seperti menjalin hubungan komunikasi yang baik melalui jejaring sosial, memberikan pendapat langsung melalui media televisi, dan melakukan pembelian tanpa harus datang ke tempat tersebut.
        Pada era modern saat ini, banyak cara untuk berkomunikasi dengan sanak keluarga ataupun teman yang tinggal jauh dengan kita entah di luar kota ataupun di luar negeri tanpa harus bertemu secara langsung. Salah satunya dengan mempunyai account pribadi di jejaring sosial, seperti, facebook, twitter, dan skype anda bisa bertegur sapa, mengetahui keadaan mereka, dan juga mengetahui kabar terbaru diseluruh dunia tanpa harus mengunjungi mereka karena itu bisa menghabiskan banyak uang dan waktu.
         Tahukah kamu maksud dari adanya telefon interaktif di stasiun-stasiun televisi khususnya acara berita? Telefon interaktif adalah salah satu teknologi untuk berkomunikasi dengan tujuan menyampaikan pendapat tentang kabar terkini misalnya, ada seorang penelpon yang ingin berkomentar tentang kasus korupsi di Indonesia. Cara seperti ini cukup dibilang efektif karena secara tidak langsung mereka menyampaikan aspirasi mereka sendiri tanpa harus bertemu dengan petinggi-tinggi negara.
         Teknologi komunikasi tidak hanya dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau relasi tetapi juga untuk para penjual yang ingin berdagang di media komunikasi seperti di handphone. Dengan cara seperti ini banyak penjual yang merasa di untungkan, karena tidak sedikit orang yang tidak punya waktu luang untuk pergi berbelanja hanya karena sibuk bekerja. Mereka bisa memesan dan membayarnya dengan cara transfer uang kepada penjual yang kemudian barang yang mereka pesan akan di kirim ke rumah.
     Kesimpulannya, banyak manfaat pada teknologi komunikasi di kehidupan sosial yang sangat nyata adanya seperti menjalin komunikasi yang baik tanpa harus bertemu, mendengarkan aspirasi masyarakat melalui telefon interaktif serta menggunakan cara yang efisien untuk membeli sesuatu tanpa harus datang ke toko atau mall.